Kamis, 07 Juni 2012

Deretan Penyebab Kolesterol Meningkat

Kamis, 07 Juni 2012 15:00 WIB

PEMILIHAN makanan merupakan salah satu biang keladi tingginya tingkat kolesterol dalam darah. Meski faktor makanan merupakan penyebab yang paling umum, namun ada banyak hal lain yang manyebabkan naiknya tingkat kolesterol. Berikut di antaranya. 

1. Berat badan : berat badan yang berlebih bukan hanya mengganggu penampilan, namun juga meningkatkan trigliserida dan juga menurunkan HDL atau yang biasa dikenal dengan kolesterol baik. 

2. Minim olah tubuh : meski terlihat sepele, kurang bergerak seperti berolahraga dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan kolesterol baik. 

3. Usia di atas 20 tahun merupakan masa awal yang mengundang naiknya tingkat kolesterol jika tidak dijaga dengan pola hidup. Pada pria, kadar kolesterol umumnya terus menerus meningkat setelah usia 50 tahun. Pada perempuan, kadar kolesterol akan turun saat menopause, setelah itu kolesterolnya cenderung tinggi seperti pada pria. 

4. Ada penyakit tertentu seperti diabetes atau hipotiroidisme yang menyebabkan kolesterol tinggi meskipun pasien telah menjaga pola makan. 

5. Sejarah penyakit dalam keluarga :  kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang “diwariskan” pada anggota keluarga lainnya. Jika salah satu anggota memiliki masalah tingginya tingkat kolesterol, maka berhati-hatilah karena risiko tersebut bisa mengancam angota keluarga yang lain. 

6. Merokok : merokok menurunkan kolesterol baik, dan pada akhirnya menyebabkan meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. 

7. Konsumsi makanan yang salah : ini adalah pemicu yang seringkali ditemui. Jenis makanan yang berasal dari lemak hewani seperti daging kambing, atau lemak nabati seperti santan dan minyak kelapa juga menimbulkan naiknya tingkat kolesterol. (Health/*/OL-06) 
sumber : http://www.mediaindonesia.com

Bookmark and Share
Artikel yang berhubungan :


0 komentar:

Posting Komentar

MULTI TAB 1

SHARE

MULTI TAB 2

MULTI TAB 3

PENGUNJUNG

free counters

MULTI TAB 4

RADIO


MULTI TAB 5

CHAT

Photobucket


MULTI TAB 6

Kategori

MULTI TAB 7

Postingan Populer


MULTI TAB 10

Buku Tamu

Photobucket

MULTI TAB 11




 
KEMBALI KEATAS
') }else{document.write('') } }