Rabu, 20 Juni 2012

10 Makanan Super dan Cara Menikmatinya


10 Makanan Super dan Cara Menikmatinya (1)

Alam memberikan banyak pilihan makanan dan nutrisi, termasuk makanan berkategori super.

MINGGU, 10 MEI 2009, 09:39 WIB
Elin Yunita Kristanti
VIVAnews - Alam memberikan kita banyak pilihan makanan dan nutrisi penting untuk tubuh kita, termasuk makanan-makanan super yang bisa membuat kita sehat, fit, dan berumur panjang.

Selain kandungan vitamin dan mineral yang tinggi makanan super juga bisa mencegah penyakit-penyakit mematikan seperti kanker, kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Makanan super juga bisa meningkatkan mood dan kesuburan, tanpa efek samping.

Dan yang paling penting, makanan super ternyata mudah didapat dan mudah juga menyajikannya. Berikut 10 makanan yang berkategori 'super':

1. Brokoli
, sayur kribo ini mengandung zat antikanker, detoksi racun dalam liver, mengurangi resiko sakit jantung dan ampuh membersihkan pencernaan. Brokoli juga meningkatkan imunitas, mencegah cacat janin dan juga bisa mengurangi resiko penyakit katarak.

Menikmati brokoli sangat mudah, bisa dengan dikukus, ditumis, dibuat salad, campuran pasta atau mie, maupun sup.

2. Goji Berry
, bisa ditemukan di toko makanan kesehatan. Mengandung banyak antioksidan dan melindungi mata dari resiko kehilangan penglihatan maupun kebutaan. Selainya mengandung banyak vitamin C, goji berry meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi hati, dan produksi sperma. Goji berry juga meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kelelahan.

Goji berry bisa dijadikan camilan atau dijadikan smoothies. Menyeduh goji berry seperti teh juga bisa dilakukan.

3. Kacang, bisa meningkatkan metabolisme, menambah energi, mengendalikan kolesterol, dan gula darah. Kacang juga bisa mengurangi resiko sakit jantung. Kacang terbaik adalah kacang Brazil, selainya mengandung antioksidan selenium yang bisa mencegah kanker.

Cara menikmatinya bisa dengan digarang,  campuran salad atau pasta, dimakan sebagai camilan, atau dijadikan pesto;  memblender walnut atau pine nuts dengan basil, bawang and minyak zaitun (olive oil)

4. Ikan perairan dingin seperti salmon, makarel, herring, sarden, dan tuna, mengandung Omega 3 yang penting menjaga kesehatan sel tubuh, kesehatan kulit, gigi, dan tulang, serta menjaga kesehatan kardiovaskular. Ikan jenis ini bisa menurunkan tekanan darah, mencegah peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah atherosclerosis, meningkatkan daya pikir dan mood, mengurangi resiko asma, dan mencegah kanker prostat.

Cara menikmatinya dengan cara mengukus atau memanggang dengan sayuran, sebagai isian roti, dengan mie atau pasta, sebagai sushi atau sashimi.

5. Oat, menyetimulasi fungsi pencernaan, menurunkan kolesterol, dan mengurangi penyakit cardiovascular. Oat juga bisa mencegah atherosclerosis, ischemic stroke, diabetes, resistansi insulin, dan obesitas.
Oat ampuh mengontrol gula darah. Oat juga mengandung antistres dan antioksidan yang membantu menurunkan resiko kanker, khususnya kanker usus besar.

Cara menikmati oat busa dengan cara mencampurkan dengan susu, goji berry, atau yogurt, dikukus dengan buah-buahan, atau bisa juga dibuat kue, roti, maupun muffin.

Bookmark and Share
Artikel yang berhubungan :


0 komentar:

Posting Komentar

MULTI TAB 1

SHARE

MULTI TAB 2

MULTI TAB 3

PENGUNJUNG

free counters

MULTI TAB 4

RADIO


MULTI TAB 5

CHAT

Photobucket


MULTI TAB 6

Kategori

MULTI TAB 7

Postingan Populer


MULTI TAB 10

Buku Tamu

Photobucket

MULTI TAB 11




 
KEMBALI KEATAS
') }else{document.write('') } }